Jumat, 23 November 2012

19.36

Kalian pecinta musik Rock, Blues, Slow Rock atau Hard Rock/Heavy Metal? Jika ya, kalian wajib mengenal band rock yang satu ini. Mungkin kalian pernah mendengar lagu Soldier of Fortune, lagu beraliran slow rock yang sangat merajai musik di tahun 70-an – 80-an, atau Smoke on the Water, lagu beraliran Hard Rock karya Jon Lord sang Keyboardist yang juga sangat terkenal hingga saat ini dan sampai – sampai ada di game Guitar Hero, atau mungkin kalian pernah menonton program dari Trans 7 yang judulnya Warna? program film itu memakai soundtrack lagu Deep Purple yang judul nya Lazy. Saya sendiri memang penggemar berat dari band ini, khususnya kepada Jon Lord. Dan sangat disayangkan, saat band ini konser di Indonesia tepat nya di Stadion GBK Jakarta pada tahun 1973, saya belum lahir sob T.T... dan sekarang Jon Lord sendiri sudah meninggal tahun 2011 kemarin T.T... hehehe.

Deep purple ini merupakan band yang disebut – sebut sebagai pelopor musik Heavy Metal asal inggris, dibentuk Maret 1968, sebelum nya band ini pernah di namai Roundabout. Nama Deep Purple sendiri merupakan judul lagu kesukaannya nenek dari Ritchie Blackmore yang dibawakan oleh band bernama Mothership pada tahun 1912. Jon Lord yang sebelum nya bermain untuk The Flowerpot Man menjadi composer dan cikal bakal pada band ini, sebagian besar lagu diciptakan olehnnya. Disini Jon lord beperan sebagai Keyboardist, posisi gitais diisi oleh Ritchie Blackmore, pemetik Bass diisi oleh Nick Simper yang sebelum nya bermain untuk The Flowerpot Man bersama jon lord, dan untuk Vokalis dan penabuh Drum, Lord dan Blackmore merekrut Rod Evan dan Ian Paice. Tidak lama kemudian Nick Samper dan Rod Evan keluar dan digantikan oleh Roger Glover (Bass) dan Ian Gillan (Vokal). 

Ian Gillan (Vokal), Roger Glover (Bass), Jon Lord (Keyboard), Ritchie Balckmore (Gitar), dan Ian Paice (Drum), anggota ini lah yang bertahan lama dan merajai musik rock di tahun 70-an, sekarang ini posisi Keyboard digantikan oleh Don Airey, dan Gitar diisi oleh Steve Morse.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar