Jumat, 04 Januari 2013

Animasi 3D

Berhubung saya termasuk seorang animator penggemar animasi khusunya animasi 3D, saya akan sedikit berbagi tentang animasi 3D, mulain dari pengertiannya, pekembagannya dan jenis - jenis nya, Ok, selamat membaca :)

Apa itu Animasi 3D 

Animasi 3D adalah animasi yang berwujud 3D. Meskipun bukan dalam wujud 3D yang sesungguhnya, yaitu bukan wujud yang dapat kalian sentuh wujudnya, namun dalam layar kaca 2D (TV, Bioskop, Komputer, Proyektor, dll). Berbeda dengan animasi 2D yang hanya memiliki dimensi panjang (X) dan lebar (Y), pada animasi 3D, memilii Panjang (X), Lebar (Y) dan kedalaman (Z). Jadi bisa dibedakan Animasi 2D bersifat datar atau flat sedangkan Animasi 3D memiliki kedalaman (volume) bentuk. Animasi 3D juga dapat di definisikan sebagai animasi yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang (Point of View). Seluruh tahapan animasi 3D dikerjakan dengan media komputer, mulai dari modeling, texturing, lighting sampai rendering.

Keunggulan utama animasi 3D adalah visualisasi yang tampak lebih nyata dan mendekati bentuk aslinya. Keunggulan lainnya adalah kemampuannya untuk membuat dan mewujudkan visualisasi adegan yang sulit yang tidak mungkin dan bahkan mustahil

Perkembangan Animasi 3D

Perkembangan animasi 3D berawal sekitar tahun 1961 ketika seorang mahasiswa dari MIT (Massachussetts Institute of Technology) bernama Ivan Sutherland berhasil membuat sebuah software desain yang disebut Sketchpad, mampu menggambar sebuag figure langsung pada layar komputer dengan menggunakan sebuah pen light. Ide ini yang kemudian dikembangkan oleh para desainer software graphics dalam pembuatan software grafis yang lebih canggih lagi.

Dekade 1970-an, FIlm "Futureworld" (1976) memanfaatkan animasi 3D yang dikerjakan oleh catmull dan fred parke. jagoan grafis lulusan University of Utah. Disusul kemudian oleh film "Star Wars" (1977). Tahun 1980-an, film "Tron" (1982) dan "The Last Starfighter" (1984) pun menggunakan teknologi animasi 3D. Tahun 1985, PIXAR mengeluarkan film animasi 3D mengankat film "The Abyss" (1989) yang memenangkan Academy Award (Piala Oscar) untuk kategori efek Visual terbaik.

Tahun 1991, film "Terminator 2 : Judgement Day" menggunakan bantuan animasi 3D. Salah satu adegan spektakuler yang masih sangat diingat oleh penontonnya adalah adegan ketika karakter susuh yang berwujud liquid metal berubah wujud menjadi robot terminator yang utuh. Animasi 3D benar - benar meledak ketika muculnya film "Jurrasic Park" pada tahun 1993 yang  disutradarai oleh Steven Spielberg. Film ini memang benar - benar luar biasa karena dapat menghidupkan kembali Dinosaurus yang telah punah jutaan tahun lalu.

Film Animasi pertama yang berdurasi panjang yang dibuat secara penuh menggunakan teknologi animasi 3D adalah film "Toy Story" yang diproduksi oleh studio PIXAR dan Disney pada tahun 1995. Film ini pun menjadi box office dunia.

Jenis - Jenis Animasi 3D

Ada tiga jenis Animasi 3D, yaitu Animasi 3D penuh (Full), Animasi 3D dan 2D,serta Animasi 3D dan Live Shoot.

1. Animasi 3D Penuh (Full)

Jenis animasi ini menggunakan objek 3D secara penuh (full).Seluruh tampilan 3D maupun proses pembuatannya menggunakan teknik animasi 3D. Contoh film - film yang menggunakan jenis animasi ini adalah "Toy Story", "Toy Story 2", Toy Story 3", "Ice Age", "Ice Age 2", "Ice Age 3", "Shrek", "The Cars", "Kung Fu Panda", "Finding Nemo", "Ratatouille", dan lain - lain.

2. Animasi 3D dan 2D

Animasi ini merupakan gabungan dari animasi 3D dan 2D. Biasanya tokoh animasinya berupa animasi 2D dengan latar belakarang (Background) maupun peralatan, serta propertinya menggunakan animasi 3D. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses pembuatan animasi karena pembuatan karakter 3D memiliki tingkat kerumitan ynag sangat tinggi dana proses yang sangat mendetail dibandingkan dengan karakter 2D. Beberapa film yang menggunakan animasi jenis ini adalah "Titan A.E", "Brother Bear", dan lain - lain.

3. Animasi 3D dan Live Shoot

Animas ini menggabungkan animasi 3D dengan syuting langsung (live shoot). Animasi jenis ini banyak diterapkan pada film - film Hollywood, misalnya film "Titanic", Jurrasic Park", "Lord of The Rings", "Harry Potter", "The Matrix", "Fantastic Four", King Kong, Hulk, Avatar dan lain-lain. Teknik ini digunakan untuk membuat film dengan adegan yang rumit, yang tidak mungkin dan mustahil untuk dilakukan di kondisi sebenarnya (nyata). Film - film dengan animasi jenis ini sudah banyak yang menjadi box office dunia, contohnya seperti film - film yang disebut tadi.


Refrensi : Buku Trik dahsyat menjadi animator 3D andal

3 komentar:

  1. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    BalasHapus