Selasa, 04 September 2012

19.08
1


Banyak orang berkata, "Kapan ya, Indonesia masuk Piala Dunia?", ya memang sangat sulit, jangan kan di kancah dunia, jangankan di Asia, di ASEAN aja kalah mulu sama Malaysia, hehehe.... tapi apa kalian tahu kalau Indonesia adalah negara Asia pertama yang masuk Piala Dunia?

Piala Dunia FIFA 1938 adalah Piala dunia ke tiga yang di gelar di Prancis, dimana Italy keluar sebagai juara, dan berhasil menang piala dunia dua kali berturut - turut. Indonesia waktu itu belum merdeka dan Indonesia pun memakai nama Nederlandsche Indiesche atau Netherland East Indies atau Hindia Belanda. Dengan mewakili Federasi Sepak Bola Hindia-Belanda, Indonesia melaksanakan debutnya di Piala Dunia, ini karena pengunduran diri Jepang dalam kualifikasi. Dengan itu, Indonesia menjadi negara Asia pertama yang ikut Piala Dunia.

Indonesia langsung takluk dari Hongaria dengan skor telak 6 - 0 di Stadion Velodrome Municipale, Reims, pada 5 Juni 1938. Pada pertandingan yang disaksikan 9.000 orang itu, Indoneisa pun pulang lebih cepat, Hongaria pun menjadi Runner-up di bawah Italy. Susunan pemainnya adalah Bing Mo Heng (kiper), Herman Zommers, Franz Meeng, Isaac Pattiwael, Frans Pede Hukom, Hans Taihattu, Pan Hong Tjien, Jack Sammuels, Suwarte Soedermandji, Anwar Sutan, dan kiri luar Nawir yang juga bertindak sebagai kapten.

Biarpun pulang sangat cepat tapi Indonesia telah mencatatkan namanya dalam sejarah, sebagai "Negara Asia pertama di Piala Dunia".


Source : http://zonaaneh.blogspot.com/2012/03/indonesia-negara-asia-pertama-di-piala.html

1 komentar: