Kamis, 27 Desember 2012

internet

Internet sudah menjadi keperluan sehari - hari bagi sebagian orang. Berbagai aktivitas bisa dilakukan, untuk berbisnis, belajar, blogging, mencari informasi atau hanya sekedar untuk bermain. Kehidupan manusia saat ini menurut saya memang sudah tidak bisa dipisahkan dengan internet, bagi saya pribadi sih serasa tidak ada kehidupan kalau ga ada internet dan blogging sob :D karena setiap hari sebagian besar waktu saya dihabiskan untuk blogging :D. Namun dibalik keseruan internet tidak semuanya menguntungkan bagi kita, jelas sekali sudah banyak kejahatan yang dilakukan di internet, mulai dari penipuan, peculikan lewat jejaring sosial, video dan gambar Porno dan masih banyak lagi.

Kali ini saya akan berbagi sedikit info tentang manfaat dan kerugian dari fasilitas internet ini sob, artikel ini saya buat menurut saya peribadi lho, jadi kalau ada yang salah - salah dikit atau ada yang kurang, di maklumin aja ya :).

Manfaat / Keuntungan Internet

1. Untuk Sarana Pembelajaran
Internet sangat banyak digunakan untuk sarana pembelajaran, contohnya banyak digunakan oleh para siswa - siswa sekolah samapai para mahasiswa untuk membantu dalam mengerjakan tugas atau yang lainnya. Sekarang juga sudah ada sarana untuk Kursus Online bahkan untuk perkuliahan. Ada lagi untuk pembelajaran secara otodidak, seperti saya ini, saya telah banyak mempelajari hal - hal tentang komputer seperti Pemrograman, Animasi, Desain Grafis, Blogging, dll secara otodidak sob, karena waktu itu tidak mempunyai biaya yang cukup untuk mengikuti kurusus ditambah waktu sekolah saya salah mengambil jurusan (pengen jurs.Komputer malah ngambil Jurs.Eektro) :( , jadi saya memlih cara ini, memang sih agak sulit apa lagi kalau sudah ketemu dengan masalah tapi hasil nya juga sangat memuaskan.

2. Untuk Berbisnis
Internet juga dapat dimanfaatkan untuk meraup keuntungan, ada banyak bisnis yang bisa dilakukan, seperti membuka website tentang barang - barang atau produk yang sedang kita jual, tentang jasa - jasa yang bisa kita lakukan seperti pembuatan website, desain, animasi, iklan,dll. Bisa juga dengan Blogging dengan mengikuti beberapa Pay Per Click (PPC) yang tersedia. Ada lagi dengan mengikuti Paid to Click (PTC), beberapa orang memang telah merasakan keuntungan dari mengikuti PTC tapi ada juga yang sial karena mengikuti PTC ini seperti saya ini sebagai salah satu korbannya, karena situs PTC tersebut langsung tutup dan membawa kabur uang yang telah di investasikan. Masih banyak lagi bisnis yang bisa di lakukan di internet.

3. Mencari Informasi
Mendapatkan informasi memang sesuatu yang sangat penting apa lagi informasi - informasi di internet biasanya lebih dulu dibandingkan informasi yang ada pada media seperti berita di TV, majalah, dll. ada banyak informasi penting yang dapat kita temui, seperti Informasi lowogan kerja yang sangat di cari - cari  , informasi tentang pendaftaran sekolah atau universitas, dll

4. Hanya Sekedar Untuk Bermain Dan Relaksasi
Bermain game di internet bisa dilakukan untuk relaksasi saat kita santai, menghilangkan rasa jenus atau pikiran yang sedang mumet dengan pekerjaan. Kususnya bermain game di internet sangat menguntungkan bagi para pemilik warnet, anak - anak kecil berusia lima tahun pun sekarang sudah tahu dengan yang namanya internet apa lagi dengan yang namanya game, setiap saya mengunjungi warnet yang menyediakan game online pasti warnet tersebut di dominasi oleh anak - anak, makanya saya kalau ke warnet itu jam 11 malam sob, soalnya sudah sepi, koneksinya pun ga lemot hehehe :D

Kerugian Internet

1. Penipuan
Kasus penipuan ini sebenarnya sudah sangat banyak, dalam bentuk berbagai macam cara, ada yang melakukannnya dengan penjualan / penawaran barang, lewat situs PTC atau PPC yang sudah saya jelaskan tadi diatas, dll.

2. Video / Gambar Porno
Seperti hal ini adalah hal yang sangat banyak dicari, khusus nya anak - anak muda bahkan orang - orang yang sudah berumur pun banyak yang mencarinya. Tentunya hal ini sangat berbahaya bagi anak - anak, terlebih sekarang iklan - iklan PPC atau iklan - iklan lainnya banyak yang menggunakan gambar - gambar seperti ini, gunanya untuk menarik banyak pengunjung. Jadi bagi anda para orang tua, wajib mewaspadai hal ini bagi anak kalian yang masih kecil.

3. Penculikan
Kasus penculikan akibat jejaring sosial memang kerap terjadi, khususnya di indonesia. Facebook lah yang biasanya menjadi perantara si pelaku untuk melakukan aksinya dan korbannya kebanyakan adalah wanita. Jadi berhati - hati lah kalian khususnya wanita ketika berkenalan dengan seseorang di Facebook karena siapa tahu mereka membahayakan. Kalau mau kenalan contohnya itu dengan orang seperti saya ini, tidak membahayakan :D

4. Kecaduan Internet atau Game
Biasa ini terjadi pada anak - anak, yang tidak bisa berhenti ketika memainkan sebuah game online, bahkan mereka niat mencuri uang hanya untuk bermain game. Kita khususnya orang tua memang jangan terlalu melarang anak untuk bermain game tapi kita juga harus waspada dan sering memberikan pengarahan terhadap si anak agar tidak kecanduan game di internet.

5. Bisa Mengubah Sifat Seseorang
Percayakah kalian kalau internet bisa mengubah sifat seseorang? hal ini terjadi pada beberapa teman saya, penyebab nya hampir sama seperti kasus nomer.3 yaitu penculikan yang awal nya berkenalan dengan seseorang di jejaring sosial. Mungkin karena pengaruh yang buruk dari si orang tersebut maka seseorang pun bisa berubah dalam sikap nya, bahkan salah satu teman wanita saya mendapat perlakuan yang buruk, yang awal nya sikap dia yang sangat ceria mendadak pendiam karena dia ingin sekali bertemu dengan kenalannya di Facebook itu, tapi dia malah mendapat perlakuan yang sangat menyakitkan setelah bertemu, kalian juga mungkin bisa menebak apa yang dilakukan si pelaku.

Oke, segitu aja info dari saya ya, ada baiknya kita mengenal manfaat dan kerugian dari fasilitas yang sudah mendunia ini. Mudah - mudahan artikel bisa bermanfaat bagi kita semua ^_^

2 komentar: