Selasa, 28 Agustus 2012

21.46
Kalian pernah dengar istilah Kotak Pandora?. Kotak Pandora ini adalah mitologi yunani yang ada saat zamannya dewa Zeus. Awal ceritanya adalah kekesalan Zeus terhadap Promotehus, yang mencuri rahasia api dari puncak gunung Olympus dan membocorkannya kepada umat manusia. Lalu Zeus pun memerintahkan dewa lainnya Hephaestus yang sebernarnya adalah anaknya sendiri hasil perkawinannya dengan Hera untuk membuat sebuah patung. Untk lebih jelasnya, silah lanjut aja sob.

Pandora (1861), oleh Pierre Loison
Hephaestus dikenal dewa yang buruk rupa tetapi dia mempunya kemampuan seni yang sangat baik salah satunya membuat patung, tapi kini dia lebih dikenal dengan sebutan Dewa Pandai Besi. Atas perintah dewa Zeus, dia pun langsung membuat sebuah patung wanita, karena dia memendam asmara kepada dewa Aphrodite dia pun membuat patung itu secantik Aphrodite. Zeus pun memberi kehidupan kepada patung itu dan diberi nama Pandora yang mempunyai arti "Banyak Mendapat Hadiah". Setelah Pandora diciptakan dewa - dewa lainnya pun banyak yang membantunya, Athena mengajarinya menenun dan menjahit serta memberinya pakaian, Aphrodite memberinya kecantikan dan hasrat, para Kharis memakaikan padanya perhiasan, para Hoirai memberinya mahkota, Apollo mengajarinya bernyanyi dan bermain musik, Poseidon memberinya kalung mutiara, Hera memberinya rasa penasaran yang besar, dan Hermes memberinya kepandaian berbicara.





Pandora membuka kotak misteriusnya
Zeus pun menikahkan Pandora dengan Ephimetus, sang adik Promotheus telah memeringati kakaknya itu untuk berhati - hati akan tipu muslihat Zeus, Tapi Ephimetus terlanjung cinta dengan Pandora.Pada hari pernikahan mereka, para dewa memberi hadiah berupa sebuh kotak yang indah dan Pandora dilarang untuk membuka kotak tersebut. Pandora sudah beberapa lamamenaati saran para dewa untuk tidak pernah membuka kotak tersebut. tapi lama kelamaan. dia pun penasaran dengan kotak tersebut. Suatu hari, dia pun akhirnya membuka kotak tersebut. Setelah dibuka, tiba-tiba muncul seketika suara dan aroma menakutkan yang sangat terasa terasa di udara. Pandora pun panik sadar bahwa dia telah membebaskan sesuatu yang mengerikan dan dengan segera menutupnya tapi semuanya sudah terlambat terlambat. Pandora telah melepaskan teror mengerikan kedunia, yaitu, Masa tua, rasa sakit, kegilaan, wabah penyakit, keserakahan, pencurian, dusta, cemburu, kelaparan, dan berbagai malapetaka/musibah. Semua kesengsaraan tersebut langsung menjangkit umat manusia. Tapi masih ada satu lagi yang tersisa didalam kotak tersebut, yaitu "Harapan".

Sungguh cerita yang sangat berkesan, dengan masksud Semua masih ada Harapan yang bisa dirubah untuk membebaskan diri dari Teror Mengerikan yang ada di dunia ini.


0 komentar:

Posting Komentar