Senin, 27 Agustus 2012

06.48
2

Pernahkah kalian mendengar nama band yang satu ini? Mungkin kata "Sang Legenda Musik Indonesia" sangat cocok untuk band rock yang satu ini. Jika kalian mendengar band rock tertua pasti yang ada dibenak kalian adalah The Beatles, The Rolling Stones, Led Zeppeline, The Ventures,dll. Diantara Band - band legendaris tersebut ada satu band asal indonesia yang terlewatkan yaitu The Tielman Brothers yang merupakan Grup Band Rock pertama didunia.




Awal Karir
Pertama kali mereka membentuk band dan memulai karir di Surabaya pada tahun 1945 dengan nama band The Timor Tielman Rhytm Brothers, dengan lima orang personil, Andy Tielman (guitar,vocal), Reggy Tielman (banjo,guitar,vocal), Ponthon tielman (double bass,guitar,vocal), Loulou Tielman (Herman Lawrence)(drum,vocal), dan Jane Tielman (Janette Loraine)(vocal).

Bisa dilihat dari tahun mereka memulai karir, band mereka telah muncul jauh sebelum The Beatles, The Rolling Stones, Elvis Presley, dll yang mulai muncul di awal tahun 60-an. Kemampuan musik mereka diturunkan dari orang tuanya Herman Tielman dan Flora Lorine Hess. Mereka benar - benar memulai karir pada tahun 1956 dengan hijrah ke Breda, Belanda. Pada saat itulah Tielman Brothers pun menjadi printis musik Rock and Roll pertama di Belanda dan yang pada akhirnya mereka pun menciptakan "Indo-Rock". Mereka sangat terkenal di Belanda dan negara - negara Eropa lainnya, namun sangat disayangkan sekali, nama mereka tidak terlalu dikenal di Indonesia.


Inspirasi Bagi Band Rock Tahun 60-an
Aksi mereka dipanggung bisa dibilang sangat aktraktif, seperti memainkan gitar dengan kaki, gigi, meloncat - loncat,dll. Banyak orang yang sangat terpukau dengan permainan gitarnya yang gila dari jimi hendrix di tahun 60-an, tetapi semua tekhnik permainan Hendrix sebenarnya sudah lebih dulu diperkenalkan Andy Tielman sang Frontman dari band ini. Disebut - sebut Tielman Brothers adalah inspirasi bagi band - band legendaris tahun 60-an .

The Beatles Fans Tielman Brothers
Pemain Bass The beatles, Paul McCartney adalah penggemar band ini dan menjadi inspirasi terbentuknya the beatles di awal tahun 60-an. Saat The Tielman Brothers manggung pertama kali di Jerman, grup band asal Inggris ini sempat melihat penampilan The Tielmans Brothers yang manggung menggunakan Hofner Violin bass. Dan saat itulah untuk yang pertamakalinya Paul melihat Bass Violin Hofner. Andy Tielmans sang gitaris memakai Fender Jazz Master khusus 10 strings. Fender sengaja mengirim representative-nya ke Jerman saat itu untuk merancang gitar buat Andy Tielmans.

Akhir Karir
Sangat disayangkan, di tahun 1976 band ini dikabarkan bubar karena boleh dikatakan permainan musik mereka terkesan mandek dan tidak ada perkembangan alias kurang eksploratif. Mereka bermain musik di tataran yang itu-itu saja, dan itulah yang akhirnya membuat publik menjadi bosan. Begitupun, karya mereka sampai sekarang masih sangat digemari di luar negeri, terutama di Belanda.

Yang paling aktif di Tielman Brothers ini adalah sang Forntman Andy Tielman, yang sampai di era ini pun masih tetap berkaya. Andy Tielman yang lahir pada 30 Mei 1936 di Makassar, Sulawesi Selatan ini pun meninggal di usia 75 tahun pada 2011 lalu karena menderita kanker perut yang di deritanya sejak 2009 lalu.



Andy Tielman



Good Job Tielman!! :)


Source : wikipedia.org

2 komentar:

  1. wow nggak nyangka band yg prtm muncul di dunia ternyata di INDONESIA
    salut buat INDONESIA..

    #akubanggamenjadianakIndonesia,, yes.. that is so =))

    BalasHapus
  2. Sampai sekarang keluargga besar Tielman masih ada di tanah kelahiranku Ambon Maluku Indotim....waaaooowww I Love Indonesia gruop band Tielman brothers menguncang dunia musik yang pertama di dunia.

    BalasHapus