Selasa, 25 Desember 2012

01.31
Sistem Operasi, Android

Sebelum mulai lebih jauh pembahasan sistem operasi Android saya akan jelaskan sedikit pengertian tentang sistem operasi. Sistem operasi adalah program yang mengelola sumber daya perangkat keras dan menyediakan layanan umum untuk applikasi atau software pendukung suatu perangkat. Dengan kata lain sistem operasi adalah jembatan penghubung antara komputer dengan software atau aplikasi pendukung komputer dan pengguna.
Sistem operasi pertama diluncurkan pada tahun 1940 bersamaan dengan komputer elektronik diperkelnalkan. seiring dengan semakin meningkatnya perkembangan Teknologi informasi dari tahun ke tahun tak ayal perkembangan sistem operasi pun semakin pesat berkembang, berikut nama-nama sistem operasi yang sering kita jumpai di masyarakat : 
  1. Windows
  2. linux
  3. symbian
  4. Android
  5. DOS
  6. Macintosh
  7. OS/2
  8. Sun Microsystem
  9. Novel Netware
  10. Palm OS
  11. Mobile Windows
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan Teknologi informasi, alhasil perusahaan-perusahaan IT pun berlomba-lomba membuat perangkat dengan sistem operasi yang mudah, gampang dimengerti dan menarik, Salah satu contoh sistem operasi yang sedang booming di masyarakat saat ini yaitu Android. Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang ditujukan untuk ponsel atau smartphone. Android mempunyai platform terbuka dan opensource sehingga memudahkan pengguna untuk membuat dan mengoperasikan aplikasinya sendiri, sistem operasi ini pertamakali diluncurkan pada Bulan juli 2005 atas kerjasama yang dilakukan google dan Android inc. Selang beberapa tahun kemudian tepatnya bulan september 2007 produk pertama telepon seluler yang menggunakan sistem operasi Android pun diluncurkan atas kerjasama yang dibangun oleh HTC Coorporation dengan Google.
Karena respon positif masyarakat akan smartphone yang berbasis Android Google terus mengembangkan Sistem Operasi ini sehingga Android mempunyai banyak jenis dan versi-versi setiap tahun nya. Berikut ini adalah  Versi-versi android :
  1. Android Versi 1.1
    Sistem Operasi ini diluncurkan pada tanggal 9 Maret 2009 oleh Google yang dilengkapi pembaruan aplikasi, Voice search, pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.
  2. Android 1.5 (Cupcake)
    Pada Pertengahan Mei 2009 Android 1.5 ini diluncurkan oleh google, dengan pembaruan menonton dan merekan video dengan modus kamera, mengunggah video ke youtube, dukungan Bluetooth A2DP, animasi layar dan keyboard pada layang yang dapad disesuaikan dengan sistem.
  3. Android 1.6 (Donut)
    September 2010 google kembali meluncurkan android versi 1.6 dengan banyak pembaruan salah satunya adalah teknologi yang tidak tersedia pada ponsel lainya yaitu teknologi dial kontak text to change speech.

  4. Android 2.0/2.1 (Eclair)
    Karena perkembangan jumlah Handset Android sangat bagus, maka Android versi Éclair ini diluncurkan pada desember 2009 dengan banyak pembaruan yang membuat pihak ketiga banyak yang bearminat menyalurkan Aplikasi yang mereka buat untuk dipasang di Android.

  5. Android 2.2 (Frozen Yoghurt/Froyo)
    Android froyo ini berisikan perubahan-perubahan dasar dari versi-versi sebelumnya antara lain yaitu kemampuan wifi hotspot portabl serta pemasangan aplikasi pada SD card.
  6. Android 2.3 (Gingerbread)
    DI versi yang diluncurkan pada desember 2010 ini didapati pembaruan peningkatan kemampuan gaming,layar antarmuka yang diperbaharui, pengoptimalan copy/paste, dukungan Near Field Communications serta kamera yan lebih dari satu.
  7. Android 3.0/3.1 (Honeycomb)
    Android Honey comb dibuat khusus untuk tablet, Android versi ini didukung oleh Multi processor. Motorolla Xoom adalah tablet pertama yang menggunakan OS ini
  8. Android 4.0 (ICS : Ice Cream Sandwich)
    Android Versi inin menawarkan beberapa peningkatan dari Gingerbread dan maupun Honeycomb. Perubahan yang  mencolok yaitu Pengenalan Face Unlock yaitu system Pembuka kunci perangkat menggunakan wajah serta banyak lagi perubahan yang mencolok dari tampilan dan kemampuan jaringan data.
  9. Android 4.1 Jelly Bean
    Versi ini adalah Versi terbaru dari Operating system android di mana OS ini menawarkan kemampuan jaringan data yang lebih maju disbanding OS Android Versi-Versi sebelumnya.
Berdasarkan Versi-versi android diatas system operasi android ini banyak memiliki keunggulan disbanding system operasi Ponsel/Tablet lainnya Selain platform yang terbuka dan juga source yang terbuka android juga mempunyai keunggulan-keunggulan lain seperti Aplikasi youtube,gmail, google bias kita gunakan dengan mdah di OS ini, kita tahu OS ini berbasis linux yang mana  didukung penuh oleh google saehingga OS ini tidak pernah membuat User merasa bosan karena berbagai fitur yang menarik dan mudah didapat serta gratis digunakan kapan dan dimana saja oleh User, contoh nya game-game yang banyak terdapat di Google play store atau Android Market yang bias user Download gratis dengan kualitas game yang sangat bagus dan menarik. Tidak kalah dengan OS blackberry Os ini  juga mempunyai fitur chatting seperti Whatsapp, Skype, YM dan lain-lain dan HArga Perangkat yang ber OS Androidpun Lebih terjangkau dinbanding dengan OS blackberry atau OS lainnya.
Namun di balik semua keunggulan tersebut OS ini juga mempunyai kekurangan-kekurangan walaupun tidak begitu mencolok, kekurangan tersebut seperti batterai yang mudah habis, layanan iklan yang sering muncul di aplikasi yang user download gratis juga sering menggangu user.

0 komentar:

Posting Komentar